Best friend

Rencana Penaikan BBM tahun 2013 di Indonesia



Rencana Penaikan BBM tahun 2013 menanti
 Kenaikan BBM sepertinya tidak terelakkan, begitulah yang di ungkapkan oleh Gubernur Bank Indonesia  (BI) Darmin Nasution mengatakan, kenaikan harga BBM kemungkinan tidak dapat dihindari. Meski begitu,  pemerintah hendaknya menaikkan harga BBM secara bertahap dan konsisten.

BI menyarankan kenaikan harga BBM berlangsung selama tiga kali agar dampaknya tidak terlalu memberatkan masyarakat "Setiap kenaikan Rp 1.000 per liter, maka akan ada tambahan inflasi 0,3V ujar dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Senin (10/9).

Darmin memprediksi, asumsi inflasi 2013 yang ditetapkan pemerintah sebesar 4,9% akan meleset karena belum memasukkan dampak kenaikan tarif listrik. "Kenaikan tarif listrik sebesar 15% akan menyebabkan tambahan inflasi sebesar 0,25% hingga 0,3%," jelas Gubernur BI.


Terhitung 2013, tercatat alokasi anggaran untuk subsidi BBM mencapai Rp274,7 triliun.Seiring rencana kenaikan BBM yang dilakukan pemerintahan SBY pada akhir bulan ini, bukan yang kali pertama di tahun 2013, pada tahun 2012 lalu, pemerintah berencana menaikkan harga BBM subsidi, namun langkah ini pada akhirnya terpatahkan oleh mekanisme politik di DPR. Tak dapat dipungkiri,  pembatasan dan pengalihan subsidi sejujurnya memiliki manfaat tersendiri untuk bangsa ini.

Padahal, dengan adanya kenaikan ini, pemakaian premium akan berkurang, efeknya subsidi akan menurun dan kas negara dapat  berhemat. Subsidi BBM, selama ini telah menjulang tinggi. Terlihat dari harga bensin premium yang dijual Rp 4.500/liter, padahal biaya memproduksi bensin premium  sekira Rp9.000/liter. Untuk menutupi kekuarangn ini pemerintah harus menanggung kisaran biasa Rp 4500/liter. Tak mengherankan jika negara harus menanggung beban setiap tahun hingga Rp370 triliun.

Untuk itu, penilaian penulis,untuk berhati-hati dalam mengambil langkah agar negara dan rakyat tidak merasa sangat dirugikan terutama bagi rakyat yang kurang mampu, kenaikan BBM dapatlah menimbulkan kesengsaraan bagi mereka. Karena naiknya BBM dapat memicu kenaikan sembako dan tentunya juga kenaikan biaya transportasi, dan tentunya juga memungkinkan banyaknya demonstran yang menolak kebijakan itu, dan untuk hal itu harus ada pemikiran pemerintah yang religius dalam mengambil kebijakan yang baik untuk ke masa depannya.


Anda membaca artikel Rencana Penaikan BBM tahun 2013 di Indonesia dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://faisalseo.blogspot.com/2013/05/rencana-penaikan-bbm-tahun-2013-di.html.


Backlink here..

Description: Rencana Penaikan BBM tahun 2013 di Indonesia Rating: 5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Rencana Penaikan BBM tahun 2013 di Indonesia


Faisal Ardi - 10:24


Share your views...

0 Respones to "Rencana Penaikan BBM tahun 2013 di Indonesia"

Post a Comment

 

About Me

Site Rank

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
kisah

© 2010 Faisal Seo All Rights Reserved Faisal Ardi